-->

GIAN RIYANTO

Blog Gado-Gado Milik Gian Riyanto

Senin, 25 April 2016

Scandal Tursiwan Kepala Desa Air Putih SP6 Lubuk Batu Jaya INHU

Berikut ini kumpulan artikel mengenai berita Scandal Kepala desa Air Putih (Tursiwan),  Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Berita ini dikelola dari berbagai sumber. Selamat Membaca !

Kepala Desa Air Putih (Tursiwan) dilabrak warganya sendiri !

Riausidik.com - Tursiwan Kepala Desa (Kades) Air Putih, SP 6, Kecamatan Lubuk Batu Jaya (LBJ), Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, diterpa cobaan yang cukup berat, terkait dugaan pencabulan yang ditudingkan beberapa warga masyarakat SP 6 kepadanya. Akibat tudingan miring ini, nama baiknyapun harus tercoreng dan sanksi moral dari warganya sendiripun harus dia terima.

Kepada media ini, Tursiwan mengaku sudah melakukan hubungan layaknya suami istri,

"Ya, sebanyak dua kali. Itupun di lakukan atas dasar suka sama suka. Intinya memang telah terjadi hubungan asmara, dan saya membayar sebanyak Rp1000.000,- (satu juta rupiah), untuk setiap kali kencan," akunya.

Ditambahkan Tursiwan, bahwa kejadian ini sebetulnya sudah berlangsung cukup lama sebelum pemilihan Kades Air Putih, dan diantara kami sudah tidak ada hubungan lagi, terlebih sejak saya sudah beristri. Namun entah mengapa tiba-tiba beberapa warga memperkarakannya, terlebih setelah saya terpilih menjadi Kades Air Putih.

"Makanya saya berasumsi, bahwa masalah ini bermuatan politis. Mungkin saja hal ini hanya ulah beberapa oknum yang tidak senang melihat saya menjadi Kades Air Putih," elak Kades.

"Dan Akibatnya saat ini, saya sudah mendapatkan sanksi moral. Baik kepada warga masyarakat saya sendiri, maupun kepada publik, karena sudah ramai diberitakan di media Online maupun Cetak, tentunya dengan pemberitaan beragam yang mungkin bertujuan menjatuhkan wibawa saya sebagai Kades Air putih, karena tanpa konfirmasi dengan saya," beber Tursiwan, dengan nada kecewa, Rabu (3/12/14) langsung dari kediamannya.

Selain itu menurut Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo melalui Ipda Yarmen Djambak, Paur Bag Humas Polres Inhu, Jumat (05/12/14) melalui selulernya menjelaskan, bahwa pada hari, Minggu tanggal 30 November 2014, sekira pukul 20:45 wib, sejumlah masyarakat Desa Air Putih bergerak mendatangi kediaman Tursiwan, guna menanyakan ihwal kebenaran perselingkuhannya dengan seorang wanita muda usia 18 tahun sebut saja Bunga, yang berdomisili di Desa Air Putih, kata Yarmen.

"Kemudian, karena khawatir dengan amuk warga, maka Polsek Lubuk Batu Jaya melakukan tindakan cepat untuk mengamankan sang Kades selama tiga hari, mulai, Minggu (30/11/14) sampai hari, Selasa (02/12/14), atas sepengetahuan dan mediasi elemen Warga termasuk BPD, LPM, Tokoh Masyarakat setempat, dan turut dalam mediasi tersebut Sobirun Camat LBJ, serta Kapolsek LBJ Iptu Deni Afrial, S.PI," paparnya.

Ditegaskan Yarmen, Unsur pidananya dalam perkara ini tidak ada, karena mereka sudah dewasa dan terjadinya hubungan layaknya suami istri tersebut atas dasar suka sama suka, tanpa ada kekerasan atau paksaan. Terlebih oknum Kades tersebut membayar sejumlah uang kepada si Bunga atas layanan jasa sex tersebut, artinya ada transaksi jual beli, pungkasnya.

Kemudian lanjut Yarmen, selain itu juga, tidak ditemukan unsur pidana dari hubungan sex sual tersebut, dan Penyidik juga tdak menerima delik aduan dari kedua belah fihak, termasuk istri oknum Kades tersebut. Apalagi kasus ini terkesan bermuatan politis dan terlalu dipaksakan,

"Ya, paling hanya berimbas sanksi moral saja dari warganya untuk oknum Kades tersebut maupun pasangan mesumnya," tegas Ipda Yarmen Djambak.

***

Kepala Desa Air Putih (Tursiwan) Memecat 5 Perangkat Desa Secara Sepihak

Sigapnews.co.id | Lubuk Batu Jaya Inhu - Sebanyak lima (5) perangkat Desa Air Putih mengaku dicopot jabatannya secara sepihak tanpa jalur musyawarah di tingkat Desa dan tidak melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atau unsur pendukung lainnya.

Kelima Ketua Rukun Warga (RW) dari Desa Air Putih (SP 6), Kecamatan Lubuk Batu Jaya ini secara bersama-sama melakukan konferensi Pers di warung Kopi Asit pasar Air Molek pada hari Senin 21 September 2015, pukul 10:00 wib.

Kelima Ketua RW ini adalah: Sutrisno Ketua RW 1, Marsono RW 02, Gunawan RW 03, Bamban RW 4, dan Mujiran RW 5. Kelima perangkat Desa ini menunjukan bukti surat pemberhentian secara tidak hormat kepada wartawan.

Adapun salah satu surat bernomor: 49 /2008/VII/2015 prihal Pemberitahuan yang ditujukan kepada Yth Sdr MARSONO berisikan Sbb:

Dengan Hormat,
Dengan ini Kepala Desa Air Putih, Kecamatan Lubuk Batu Jaya menyampaikan kepada saudara bahwa untuk kelancaran pelayanan masyarakat di bidang administrasi dan pembangunan Desa air putih perlu keharmonisan antara pemerintah desa dengan lembaga yang ada di Desa.

Maka sesuai dengan penilaian dan Evaluasi ada beberapa lembaga yang kami nilai kurang Proaktif terhadap Program/ kegiatan Pemerintah Desa.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas Ketua RW 02 akan diadakan pembaharuan. Dan kepada saudara kami mengucapkan ribuan terima kasih selama menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat.

Demikian surat ini kami sampaikan kepada saudara atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Air putih, 21 Agustus 2015 Kepala Desa, TURSIWAN.

Selanjutnya, ke 5 perangkat Desa ini mengaku mendapat surat Pemberitahuan pemberhentian dengan isi yang sama.

Mewakili rekan-rekannya, Marsono kepada wartawan mengaku sangat kecewa dengan tindakan sang Kepala Desa (Kades) yang main copot tanpa ada kajian yang mendasar dan tidak melibatkan unsur masyarakat atau BPD melalui jalur musyawarah Desa.

"Ditegaskannya, kami ketua RW dipilih oleh masyarakat bukan dipilih atau ditunjuk oleh Kades. Oleh karenanya, seharusnya dia itu (Tursiwan, red) melibatkan masyarakat," sindirnya.

Masih beber Marsono, "Selama ini kami selalu menjalankan tugas dan kewajiban kami sebagai ketua RW dengan baik, dan setiap program pemerintah Desa air putih selalu kami jalankan dengan penuh tanggung jawab. Namun tanpa alasan yang masuk akal dan terkesan memang sengaja di ciptakan untuk menjatuhkan martabat kami sebagai ketua RW, lantas kemudian dia membuat surat pemberhentian ini tanpa ada rapat yang melibatkan masyarakat Desa atau minmal ada rapat internal pemerintah Desa," bebernya.

Ditambahkan Marsono, "sampai detik inipun saya masih belum tahu apa kesalahan saya dan ke 4 rekan-rekan saya ini," tandas Marsono diamini ke 4 rekannya yang juga mengaku akan menghadap Tursiwan Kades Air Putih, Camat Lubuk Batu Jaya dan Bapemaspemdes Pemkab Indragiri Hulu (Inhu), atau pihak lainnya bila memang dianggap memungkinkan, karena ini juga menyangkut nama baik dan martabat kami selaku ketua RW.

"Oleh karenanya, kami ingin hal ini dilakukan koreksi ulang secara musyawarah dengan melibatkan masyarakat," harap Marsono.

Sementara itu terkait hal ini, guna pemberitaan yang berimbang Tursiwan selaku Kades Air Putih belum dapat dikonfirmasi perihal surat pemberitahuan pemberhentian ke 5 ketua RW ini.

***

Kepala Desa Air Putih (Tursiwan) Menjual Lahan Desa Samping Pasar Baru

riaueditor.com - Kepala Desa (Kades) Air Putih Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) diduga telah menjual lahan Desa yang berada disamping pasar baru SP. 6 kepada masyarakat dengan harga Rp. 15 Juta perkapling dengan luas 5 meter x 15 meter perkapling.
Adapun lahan yang diperjual belikan tersebut berjumlah lebih kurang 50 Kapling yang jika ditotal berjumlah Rp 750 Juta. Diduga uang hasil penjualan lahan digunakan Kades untuk kepentingan pribadinya.
Berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum dari warga setempat, Minggu (27/3/2016), sejauh ini kita warga tidak mengetahui untuk kepeluan apa uang tersebut, yang jelas lahan desa sudah terjual habis oleh Kades.

Dari hasil investigasi riaueditor.com ke Desa Air Putih tersebut terlihat tanah yang diperjual belikan oleh Kades berada di samping Pasar Baru SP 6 Desa Air Putih Kecamatan Lubuk Batu Jaya.

Sementara itu, Kades Air Putih, Tursiwan belum berhasil dijumpai untuk dimintai keterangan terkait hal ini. Disambangi di kediamannya di Desa Air Putih yang bersangkutan tidak mau keluar rumah, ketika dihubungi melalui selulernya tidak menjawab.

***

0 Komentar Scandal Tursiwan Kepala Desa Air Putih SP6 Lubuk Batu Jaya INHU

Posting Komentar

Back To Top