-->

GIAN RIYANTO

Blog Gado-Gado Milik Gian Riyanto

Selasa, 05 April 2016

Cara Modern Melihat dan Mengatur Tampilan Blog Mobile Friendly

gianriyanto.blogspot.com -  Tampilan mobile merupakan salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan, agar blog yang kita miliki menjadi nomor satu di mesin pencari. Hal ini dikarenakan sejak Juni 2015, mesin pencari google melakukan pengembangan dengan lebih mengutamakan blog-blog yang telah mobile friendly. Blog-blog yang mobile friendly akan lebih diutamakan untuk ditampilkan dimesin pencari dibandingkan blog lain yang tidak mobile friendly.

Hal yang dilakukan google sebenarnya sangatlah wajar, mengingat jumlah pengguna internet versi mobile yang semakin meningkat. PC bukan lagi menjadi satu-satunya cara untuk bisa terhubung ke internet. Karena hampir semua mobile di pasaran saat ini bisa mengakses internet dengan sangat mudah.

Cara membuat blog Menjadi Mobile Friendly

Alasan diatas sudah lebih dari cukup untuk membuat kita mengubah blog yang kita miliki menjadi blog yang mobile friendly. Karena bagaimanapun, google merupakan mesin pencari paling kuat yang digunakan oleh seluruh orang diseluruh dunia. Di kesampingkan dan dibuang oleh mesin pencari, akan membuat blog yang kita miliki kehilangan banyak traffik dari pengunjung.

Untuk membuat blog yang mobile friendly, kita bisa memilih menggunakan template responsive atau menggunakan template seluler biasa. Jika ingin menggunakan template seluler biasa, hal yang perlu kita lakukan adalah dengan masuk ke menu template kemudian klik gambar gir di bagian seluler. Pilih ya, kemudian memilih tampilan seluler yang ingin kita gunakan. Kita bisa memilih templete seluler yang di sediakan oleh blogger dari yang sederhana hingga dinamis, atau kita bisa memilih menggunakan tampilan seluler dari template yang kita gunakan (khusus).

Saya sendiri, sejak juni ini menggunakan template responsive. kemudian mengatur template seluler dengan tampilan seluler dari template responsive yang saya gunakan. Maka dari itulah, saya memilih pilihan "khusus".

Cara-cara melihat tampilan mobile Dari Sebuah Blog

Untuk menguji apakah sebuah blog telah mobile friendly ataukah belum. Kita bisa menggunakan tools yang disediakan oleh google di penguji tampilan mobile Friendly .

Hal yang kita lakukan cukup memasukkan alamat blog atau situs yang ingin kita uji.

Selain menggunakan penguji mobile friendly, kita juga bisa melihat tampilan mobile dari situs yang kita miliki melalui blogger. Ketika kita melakukan edit template seluler, kita cukup klik pilihan pratinjau.

Selain kedua cara di atas, kita bisa melihat tampilan mobile dari sebuah blog atau website dengan menggunakan situs mobiletest . cara ini memiliki kelebihan karena kita bisa melihat tampilan mobile dari berbagai contoh jenis layar mobile di PC. Beberapa layar yang tersedia di antaranya adalah layar dari HP Apple iPhone 5 emulator, HTC ONE, Nokia Lumia 920, Samsung Galaxy Y, Google Nexus 7, serta Apple Ipad Mini.

Cara yang ketiga adalah cara yang saya pikir paling nyaman untuk digunakan. Selain itu juga paling akurat karena menggunakan berbagai jenis ukuran layar dalam melakukan pratinjau.

0 Komentar Cara Modern Melihat dan Mengatur Tampilan Blog Mobile Friendly

Posting Komentar

Back To Top